Judulnya saja nano-nano, mungkin karena saking excitednya ingin menuliskan ini. Orang pinter punya otak encer dan menghasilkan teknologi yang mampu memberikan andil positif bagi orang banyak itu layak diancungi jempol.

Baru tahu detail tentang printer untuk menghasilkan prototyping. Dibuat amat presisi karena bahannya adalah cair. Ibarat printer, kita punya kertas dan tinta. Begitu pula dengan ini, hanya saja materialnya terbagi menjadi beberapa macam, seperti material utamanya, dan material support untuk penyangga apabila medianya berbentuk cekung. Lalu prosesnya dibuat per layer dengan kerapatan mampu 16 micron! Makanya untuk part tertentu bisa dibuat langsung, tanpa assembling! Wuiihh. Jelas hemat waktu.

Tak hanya sampai di sini. Saya makin terkagum manakala digunakan di bidang kesehatan. Sesuatu yang memerlukan operasi, misalnya masalah pada engsel mulut. Bermodal Computed Tomografi (CT)-scan dari rongga mulut tersebut. Mampu menghasilkan prototype yang presisi, sehingga pasien dapat diminimalisir tahapan operasinya.

Melihat kecanggihan alat ini,
tak heran kalau investasinya ratusan juta bahkan hingga milyaran nilainya.

sumber : http://www.ngobrolaja.com/showthread.php?t=71454