Sekarang siapa sih yang gak tau website, website sekarang udah mulai di kenal di masyarakat luas, contoh website yang paling banyak di ketahui adalah facebook, kaskus, twitter, google dll.

Website yang ada pada umumnya sangat beragam, ada sosial networking seperti facebook, forum diskusi seperti kaskus, weblog/blog seperti hasiaulia.net :) , toko online seperti amazon dsb.

Sekarang membuat website sendiri sudah sangat mudah, karena kita dapat membuat website sendiri dengan menggunakan CMS (Content Management System), jadi dengan CMS kita dapat mengelola sebuah website dengan mudah.

untuk membuat website sendiri diperlukan tutorial membuat website, agar kita  dapat dipandu dari awal hingga akhir sehingga proses membuat website tidak sulit, dan bisa dilakukan dengan beberapa jenis CMS, tergantung website apa yang ingin kita buat.

Ok, kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara membuat website dengan menggunakan beberapa CMS.

1. Cara membuat website sejenis blog dapat kita lakukan dengan menggunakan CMS wordpress, dan untuk tutorial nya dapat kita lihat DISINI, pada link tersebut di berikan tutorial mengenai cara membuat blog mulai dari cara yang mudah sampai ke yang rumit.

2. Cara membuat website dengan joomla, dengan CMS ini kita dapat membuat website dengan beragam jenis, seperti toko online, forum diskusi, web komunitas, blog dll, namun pada tutorial yang saya berikan hanya akan membahas tentang cara membuat website toko online, tutorial nya bisa di download disini.

3. Dan yang ketiga adalah cara membuat website forum diskusi, untuk cara membuat website forum diskusi dapat dilihat pada link ini.

Mungkin tadi adalah kumpulan tutorial membuat website sendiri yang paling banyak diminati, dan kalo mau belajar membuat website tanpa menggunakan CMS dapat di baca keterangan nya disini.

Tadi adalah rangkuman dari beberapa tutorial yang pernah saya buat. Tujuan nya supaya orang yang mencari tentang “tutorial cara membuat website” di google semoga tergiring kesini, jadi bisa langsung dapet 3 tutorial :) .

Semoga kumpulan tutorial tadi dapat membantu