Kompatible Tools Blender

Berdasarkan ketentuan yang di tetapkan oleh dosen yaitu menggunakan software 3D berbasis OPen source dan saya memilih“Blender”. Blender 3D adalah lunak 3 dimensi yang gratis. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti Microsoft Windows,Mac OS X,Linux,Solaris,netBSD,FreeBSD,dan OpenBSD.

Blender 3D adalah software gratis yang Berebasis Opensource dan bisa anda gunakan untuk modeling, texuring, lighting, animasi dan video post processing 3 dimensi. Blender 3D yang merupakan software gratis dan open source ini merupakan open source 3D paling populer di dunia. Fitur Blender 3D tidak kalah dengan software 3D berharga mahal seperti 3D studio max, maya maupun XSI. Blender adalah program 3D dan animasi yang bersifat opensource, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal. Blender memiliki video compositor dan  intergrated game engine Karya yang dihasilkan tidak  ada  sifat  royalt  kepada  developer,dapat  dipublikasikan  baik  free maupun untuk dikomersilkan. Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender mempunyai  kelebihan  sendiri  dibandingkan  program  modeling  3D  lainnya.  Kelebihan yang  dimiliki  Blender  adalah  dapat  membuat  game  tanpa  menggunakan  program

tambahan  lainnya,  Karena  Blender  sudah  memiliki  Game  Engine  sendiri  dan menggunakan  Python sebagai  bahasa  pemograman  yang  lebih  mudah  ketimbang menggunakan C++,C, dll.menggunakan Blender 3D kita bisa membuat objek 3D animasi, media 3D interaktif, model dan bentuk 3D profesional, membuat objek game dan masih banyak lagi kreasi 3D lainnya.

Blender 3D memberikan fitur – fitur utama sebagai berikut :

  1. Tampilan yang user friendly dan tertata rapi.
    2. kelengkapan tools untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping, texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.
    3. Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
    4. Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
    5. Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas
    6. File Berukuran kecil
    7. Gratis dan Open source

Adapun keunggulan Interface pada Blender secara umum adalah sebagai berikut :

1)Revolusioner  yang  tidak  tumpang  tindih  dan  non-blocking  UI memberikan  alur kerja tak tertandingi

2)Fleksibel  dan  bisa  diatur  tata  letak  jendela  dengan  layar  setup  sebanyak  yang Anda suka

dengan dukungan terjemahan internasional

3).Setiap jendela ruang dapat dengan mudah beralih ke jendela apapun jenis (kurva

editor, NLA, tampilan 3D dll)

Sumber terkait: http://www.blender.org/download/python-scripts/import-export/