OGRE (Object – Oriented Graphics Rendering Engine) adalah sebuah engine yang merupakan object oriented dan flexibel 3D rendering pada game engine yang ditulis dalam bahasa C++ serta didesain untuk mampu men-develop dengan intuitif dan mudah kepada aplikasi produk dengan menggunakan utility hardware-accelerated 3D graphic. OGRE menggunakan library seperti Direct3D dan OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia object dan class object yang lebih tinggi. Sejarah Singkat OGRE : * Berawal dari tahun 1999 merancang perpustakaan yang ada API dan platform independennya. * Kemudian 25 Februari 2000 mendaftarkan proyek Sourceforge dengan nama OGRE. * Februari 2005 dirilislah Ogre v1.0.0

* Maret 2005 Ogre adalah ‘Project of the Month’ di Sourceforge

* 4 November 2005 Ankh dilepaskan sebagai produk komersial pertama menggunakan Ogre

* 7 Mei 2006 Ogre 1.2 “Dagon” secara resmi dirilis

* 25 Maret 2007 Ogre 1.4 “Eihort” secara resmi dirilis

* 28 Agustus 2008 Ogre 1.6 “Shoggoth” secara resmi dirilis (Saat ini 1.6.5 Stable Release)

* 31 Desember 2009 1,7 ogre RC1 “Ctchugha” secara resmi dirilis (Saat ini 1.7.0 Pre Release)

* 28 Februari 2010 Ogre 1.7 “Cthugha” secara resmi dirilis (Saat ini 1.7.0 Stable Release)