Untuk  installasi OGRE memiliki beberapa tahapan agar bisa digunakan karena OGRE tidak berjalan sendiri melainkan membutuhkan applikasi lain untuk berjalan. User akan membutuhkan komponen-komponen berikut :

1.      Eclipse
AC / C + + ekstensi untuk Eclipse, WIT. Untuk program C + + di Eclipse,    instal ekstensi CDT.
2.     GCC (MinGW)
CDT bekerja dengan GCC, compiler gnu koleksi, awalnya ditulis untuk platform unix (seperti linux atau FreeBSD). Untuk menjalankannya di windows, kita perlu menciptakan lingkungan unix di windows agar gcc dapat berjalan. Ada dua pilihan.  Salah satu pilihan adalah Cygwin, yang hanya menerjemahkan semua sistem unix panggilan ke panggilan sistem windows, yang memungkinkan semua program unix untuk berjalan di windows. Pilihan kedua, kita akan gunakan adalah MinGW. MinGW merupakan kumpulan alat pengembangan linux (seperti compiler dan file header) yang terdiri dari gcc untuk windows.
3.      MSYS
Tools yang digunakan untuk mengkonfigurasi gcc. MSYS mengkonfigurasikan gcc di bawah platform windows.
4.      The Ogre SDK, Code:: Blocks versi

Untuk membuat program OGRE, kita perlu OGRE SDK. Ada beberapa SDK precompiled yang tersedia untuk platform pengembangan yang berbeda. Tidak ada SDK khusus untuk Eclipse.
5.      Install Eclipse
Sistem dasar Eclipse akan menampilkan lingkungan pemrograman Java yang dapat ditambahkan untuk bahasa lain. Install Eclipse, untuk praktikum kali ini, user menggunakan Eclipse Helios versi Eclipse IDE untuk C / C++ Developer. User dapat mendownload Eclipse IDE untuk C / C++ Developer, dengan C/C++ Development Tools Plugin sudah termasuk dalam paket installasi. Setelah didownload, extrak file tersebut dan jalankan Eclipse.exe .
6.      Install MinGW
MinGW adalah aplikasi gcc untuk Windows. Aplikasi ini seluruhnya berada dalam satu direktori. User akan menggunakan C:/mingw sebagai direktori file. Dalam direktori ini terdapat beberapa subdirektori seperti bin dan libs. MinGW terdiri dari beberapa paket distribusi yang masing-masing memiliki file dalam satu atau lebih dari direktori ini. untuk menginstall paket baru, cukup ekstrak ke direktori (misal) C:/mingw. Kemudian user perlu menambahkan direktori ini ke PATH variabel Windows juga, caranya:
+++  Klik kanan My Computer – Properties – Advanced – Environmental Variables  +++
Klik Path variable. Klik Edit, Add “;c:\mingw\bin” (tanpa tanda petik) pada Variable value. Tanda kutip ganda digunakan untuk memisahkan direktori yang berbeda.

7.     Install MSYS

Setelah mendownload MSYS.1.0.10.exe maka install ke direktori C:\msys. Skrip instalasi akan meminta anda untuk memberitahukan dimana anda menginstall MinGW. Agar program MSYS dapat dijalankan dimana saja, maka user perlu menambahkan direktori ini ke PATH windows juga. Caranya:
Klik kanan My Computer – Properties – Advanced – Environmental Variables.
Klik Path variable. Edit, tambahakan “;c\mysys\bin” (tanpa tanda kutip) pada Variable value. Tanda kutip digunakan untuk memisahkan direktori yang berbeda.

Untuk mengecek apakah hasil instalasi kita dapat bekerja dengan benar, maka user dapat mengeceknya melalui Command Prompt dan ketikkan perintah berikut:

“gcc –v”
“rm –versi”
Untuk kedua file, user harus mendapatkan beberapa informasi versi. Jika user mendapatkan pesan “is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file” , itu artinya Windows tidak dapat menemukan program yang telah kita install. Periksa apakah Path variable telah diatur dengan benar.

8.      Install OgreSDK

Untuk membuat aplikasi Ogre3D kita harus menginstall OgreSDK. Download OGRE SDK for Code::Blocks + MinGW C++ Toolbox, kemudian install di suatu tempat. Disini user akan menggunakan C:\ogreSDK.

Yang support terhadap OGRE adalah :
· Direct3D (Supporting DirectX 9 and 10) and OpenGL support [DirectX 7 Unsupported as of Ogre 1.2.0].
· Windows (all major versions), Linux and Mac OS X support
· Builds on Visual C++ 2003, 2005, 2008 and 2010.
· Builds on gcc 4+ on Linux and Mac OS X and for iPhone.

Ogre ini dapat di-jalankan menggunakan beragam jenis hardware (support 3D) tentu dengan performa yang berbeda juga.

Sumber Referensi: