Android sebuah platform operating sytem yang di kembangkan oleh google memang tengah booming saat ini, siapa sangka Nokia yang begitu berjaya dengan Symbiannya, hanyda dalam waktu 2 tahun lansgung bertekuk lutut oleh Android, dan siapa sangka iPhone yang begitu canggih teknologinya sekarang tidak bisa berbuat banyak di kepung oleh berbagai merk ponsel yang berbasis Android, Tercatat Samsung, Motorola, LG, Sony Ericson berbondong bondong untuk memakai platform Android. Berikut keunggulan Android dibandingkan iPhone.


Baru-baru ini, Motorola kembali merilis ponsel Androidnya, Atrix. Pada setiap operator besar di Amerika Serikat (AS), setidaknya terdapat satu perangkat premium Android yang bisa dipilih oleh konsumennya.

Meski terdapat beragam jenis, ada beberapa faktor umum yang dimiliki kebanyakan ponsel Android yang bisa menjadi alasan yang cukup untuk meninggalkan sebuah iPhone atau produk dari pesaing lain.

Menurut Unplggd, terdapat beberapa alasan mengapa harus memilih ponsel Android. Berikut alasan-alasan mengapa Anda sebaiknya memilih ponsel-ponsel Android dibanding iPhone atau lainnya.

Ponsel Android punya layar yang lebih besar
iPhone hanya memiliki satu pilihan ukuran layar, yakni 3,5 inci. Tetapi, beberapa ponsel Android seperti Atrix, Droid X, HTC EVO, dan Nexus S menawarkan layar 4 inci, bahkan lebih besar.

Ruang ekstra tersebut sangat baik untuk pengguna yang ingin menonton film, bermain game, atau melihat halaman web secara penuh di ponsel mereka.

Sesuaikan layar utama ponsel Anda
Ponsel Android memberi Anda banyak pilihan dalam mengkustomisasi layar utama ponsel. Anda bisa menambahkan widget yang bisa menerima update konstan mengenai cuaca, RSS feed dan update Facebook atau Twitter.

Selain itu, Anda juga bisa mem-bookmark kontak favorit Anda langsung pada layar utama sehingga bisa membukanya sewaktu-waktu hanya dengan satu sentuhan.

Kekuatan kamera yang lebih besar
Banyak ponsel Android seperti Droid Incredible dan HTC EVO 4G memiliki kamera berkekuatan 8 megapiksel dan mampu merekam video HD 720p. Sementara itu, iPhone 4 hanya bisa merekam video HD dan kekuatannya hanya 5 megapiksel.

Memutar video HD di TV
Terdapat banyak perangkat Android yang menawarkan port HDMI untuk memainkan video HD pada TV layar besar. Hal ini tak akan mungkin Anda temui pada iPhone, ponsel buatan Apple itu hanya memiliki konektor standar iPod. Alhasil, Anda tak akan pernah bisa menonton video HD sebenarnya di TV Anda hanya dengan menghubungkannya ke TV.

Perbesar ukuran penyimpanan Anda
Sebagian besar ponsel Android memungkinkan adanya perbesaran kapasitas ruang penyimpanan. Anda bisa langsung mengganti kartu SD yang ada dengan kapasitas yang lebih besar. Hal ini sangat berguna bagi mereka yang ingin memiliki ruang lebih besar untuk musik, video, dan aplikasi pada ponsel.

Nikmati kecepatan prosesor yang lebih cepat
Dimulai dengan Atrix, kita mulai melihat ponsel Android yang memiliki prosesor dual core yang dapat menawarkan kecepatan mengagumkan dalam ponsel. Saat diuji, salah satu prosesor memang sangat mengesankan. Apa kekurangannya? Semua kecepatan dan kekuatan untuk pemrosesan akan mematikan baterai Anda.

Ambil manfaat dari kecepatan data 4G
Gelombang besar ponsel Android 4G akan muncul di pasar tahun ini. Beberapa operator sudah memiliki layanan untuk itu, seperti Sprint dan T-Mobile. Tampaknya, konsensus untuk melihat iPhone 4G paling cepat yakni pada awal 2012.

Semoga bermanfaat …
sumber: inilah.com